Informasi Tentang Kanker Kulit

Kanker yang terbentuk di jaringan kulit dikenal sebagai Kanker Kulit. Ini adalah salah satu jenis kanker paling umum yang menyerang pria dan wanita. Kanker ini mempengaruhi sekitar satu juta orang setiap tahun dan ada banyak faktor yang menyebabkan ini termasuk paparan sinar matahari yang berlebihan, penyamakan, sistem kekebalan tubuh yang lemah, dll. Baca terus untuk mendapatkan kesadaran lengkap tentang bentuk kanker yang paling umum ini dan langkah-langkah untuk mencegahnya .

Bagaimana kanker kulit disebabkan?

Ketika sel-sel kulit memodifikasi dan berkembang biak dengan cara yang tidak normal, pertumbuhan yang tidak terkendali menyebabkan perkembangan massa yang dikenal sebagai tumor. Tumor ini yang terjadi di kulit juga dikenal sebagai lesi dan pertumbuhan kanker ini bersifat ganas yang menyebabkan kerusakan sel-sel yang berdekatan yang mengarah ke pertumbuhan acak. Tumor-tumor ini mengalir melalui aliran darah dan mempengaruhi organ-organ terpencil lainnya juga selama stadium lanjut kanker kulit.

Jenis kanker kulit

Kanker kulit dibagi menjadi dua jenis tergantung pada kemampuan mereka untuk menyebar. Dua jenis kanker kulit adalah non-melanoma dan melanoma. Non-melanoma termasuk jenis karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa di dalamnya.

1. Melanoma – Kanker yang mempengaruhi melanosit atau sel-sel kulit yang membuat pigmen.
2. Karsinoma sel basal – Kanker yang mempengaruhi bagian bawah epidermis atau lapisan luar kulit.
3. Karsinoma sel skuamosa – Kanker yang mempengaruhi sel skuamosa atau sel datar yang membentuk permukaan kulit.

Karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa biasanya tidak menyebar ke bagian tubuh lain sedangkan melanoma adalah bentuk berbahaya dari kanker kulit yang menyebar ke bagian tubuh yang lain. Rasio utama dan jenis kanker kulit yang paling umum adalah jenis karsinoma dengan melanoma agresif yang membentuk porsi paling sedikit.

Gejala Kanker Kulit

Gejala kanker kulit adalah perubahan kulit yang membutuhkan waktu untuk sembuh bersama dengan borok. Kadang-kadang perubahan warna kulit dan perubahan tahi lalat pada kulit juga bisa terlihat. Gejala yang paling umum adalah benjolan kecil yang mengkilap dan berwarna pucat atau benjolan merah tegas. Beberapa jenis kanker juga berhubungan dengan bercak kasar dan bersisik atau bercak bersisik datar berwarna merah atau coklat. Waspadalah juga terhadap pertumbuhan mencurigakan baru dan konsultasikan dengan dokter dalam kasus tersebut. Meskipun pertumbuhan ini sebagian besar tidak menyakitkan, mereka juga bisa menyakitkan pada waktu-waktu tertentu.

Benjolan bundar yang halus biasanya terbentuk di kepala, bahu atau leher dengan tanda-tanda pengerasan dan pendarahan dengan perkembangan tumor dalam kasus karsinoma sel basal. Pada karsinoma sel skuamosa, tambalan warna merah tebal bersama dengan ulkus dan perdarahan dapat dikembangkan. Lesi berwarna coklat atau kehitaman terbentuk pada kasus melanoma. Lesi menunjukkan perubahan ukuran, warna atau bentuk sebagai gejala melanoma menjadi ganas.

Diagnosis Kanker Kulit

Kanker ini didiagnosis oleh dokter dalam dua metode utama. Metode pertama dan yang paling umum adalah pemeriksaan kulit. Dalam metode ini dokter mencari pertumbuhan abnormal atau ketidakteraturan di kulit. Ini dapat diikuti oleh biopsi jika menemukan pertumbuhan abnormal. Dalam kasus biopsi, daerah yang terkena atau pertumbuhan abnormal dipelajari dengan baik di bawah mikroskop untuk memeriksa keberadaan sel kanker.

Pengobatan Kanker Kulit

Pembedahan adalah salah satu metode yang efektif untuk pengobatan jenis kanker non-melanoma. Prosedur lengkap perawatan bedah dimulai dengan pembedahan dan termasuk metode tindak lanjut terapi radiasi dan kemoterapi. Dalam metode bedah, lesi dan jumlah jaringan di sekitarnya yang dihilangkan akan dihapus sehingga membuat tumor tubuh bebas. Bedah mikrografi Moh adalah salah satu teknik efektif yang digunakan untuk proses ini.

Pencegahan kanker kulit

Diagnosis dan deteksi dini dapat membantu mengobati kanker kulit sebelum berubah menjadi berbahaya dan karenanya evaluasi diri terhadap kulit Anda secara teratur adalah suatu keharusan secara rutin. Cari segala jenis perubahan abnormal, perubahan warna atau pertumbuhan di kulit Anda. Anda juga dapat melakukan kunjungan dokter setahun sekali untuk mendeteksi tanda-tanda atau gejala kanker. Dalam kasus-kasus tertentu dari situasi berisiko tinggi, Anda dapat berkonsultasi dengan spesialis kulit secara teratur untuk melakukan skrining untuk kanker ini.

Leave a Reply